Posted by: nandito106 | January 21, 2010

Mengenal Kanker dan Jenisnya

Istilah kanker berasal dari bahasa latin yang artinya adalah kepiting. Penyakit keganasan, kanker diibaratkan seperti capit-capit lengan kepiting oleh seorang Hippocrates, yang mengamati bahwa penyakit kanker dapat menyebar didalam tubuh dan biasanya berakhir pada kematian. Kanker didefinisikan sebagai suatu penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian. Secara umum, kanker dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kanker jinak dan kanker ganas. Kanker jinak (benign) memiliki kecenderungan untuk tumbuh lebih lambat daripada kanker ganas dan mereka tidak menyebar ke organ lain di dalam tubuh. Sedangkan kanker ganas memiliki pertumbuhan sel yang sangat cepat, dapat menginvasi serta menghancurkan jaringan disekitarnya dan pada fase tertentu akan menyebar ke organ-organ lain didalam tubuh. Berikut perbandingan sel yang normal dan sel kanker.

Kanker memiliki beberapa tipe. Tipe-tipe tersebut adalah sebagai berikut :

1. Carcinomas

Sekitar 85% kanker yang banyak diderita manusia. Kanker ini dimulai pada epitelium, yang merupakan suatu bagian yang menyelimuti organ dan tubuh ( kulit ).

2. Sarcomas

Jenis kanker ini terjadi pada jaringan pengikat pada tubuh seperti pada tt, tulang atau jaringan lemak. Sebanyak 6 % dari jumlah total penderita kanker, terkena kanker jenis ini.

3. Leukaemias/Lymphomas

Kanker jenis ini terjadi pada jaringan dimana sel arah putih dibentuk, pada sumsum tulang dan sistem limfatik. Sebanyak 5 % dari jumlah penderita kanker menderita kanker dari jenis ini.

4. Kanker lainnya

Tumor otak dan bentuk lainnya yang jarang terjadi. Hanya sebanyak 4 % dari jumlah penderita kanker menderita kanker jenis ini.

Kanker dapat menimpa semua orang pada semua bagian tubuh dan pada semua golongan umur Kanker dapat timbul pada pria, wanita maupun anak-anak. Walaupun kanker dapat timbul pada anak-anak, tetapi lebih sering timbul pada orang dewasa, terutama pada orang yang berusia 40 tahun ke atas. Hal ini disebabkan oleh ketidak seimbangan hormon dan proses menua atau kemunduran pertumbuhan sel. Satu dari 3tiga orang akan menderita kanker selama hidupnya.

Ada 7 gejala kanker, yaitu :

1.Waktu buang air besar atau kecil ada perubahan kebiasaan atau gangguan.
2. Alat pencernaan terganggu dan susah menelan.
3. Suara serak atau batuk yang tak sembuh-sembuh.
4. Payudara atau di tempat lain ada benjolan (tumor).
5. Andeng-andeng (tahi lalat) yang berubah sifatnya, mejadi makin besar dan gatal.
6. Darah atau lendir yang abnormal keluar dari tubuh.
7. Adanya koreng atau borok yang tak mau sembuh-sembuh.

khusus:

Kanker Kulit

Kanker kulit adalah satu dari jenis kanker yang paling umum dan merupakan kanker yang dapat dicegah. Meskipun pemaparan berulang terhadap sinar X atau kontak dengan zat kimia tertentu dapat memainkan peran, pemaparan matahari sejauh ini merupakan penyebab paling umum kanker kulit.

Sebagian besar kanker kulit timbul pada bagian tubuh yang terbuka, termasuk wajah, tangan, lengan bawah, dan telinga. Hampir semua kanker kulit dapat diobati jika dideteksi lebih dini

Ada dua macam kanker kulit, yaitu kanker non-melanoma (sel basal dan carcinoma ) dan melanoma. Namun kanker non-melanoma adalah yang paling banyak diderita oleh kebanyakan orang. Kanker non-melanoma tidak mematikan, tetapi dapat menyebar dan menyebabkan kerusakan jika tidak dilakukan pengobatan. Sedangkan kanker melanoma sangat ganas dan dapat mematikan jika tidak ditemukan atau tidak terdeteksi awal.

Jenis-jenis kanker kulit :

a. Sel Basal

Jenis ini yang paling umum ditemukan pada kulit yang sering terkena sinar matahari, yaitu wajah, leher, kulit kepala. Tumbuh diatas epidermis, bentunya bundar dengan permukaan halus. Warnanya bisa pink aau sewara kulit. Terkadang berdarah atau membentuk kerak. Walaupun pertumbuhannya sangat lamban dn kemungkinan kecil mengalami metastasis ke tubuh lainnya, namun jika tidak diobati bisa menyebar ke bawah kulit dan organ dalam. Jika ditangani pada stadium awal, tingkat kesembuhannya mencapai 95%. Penyembuhan bisa diakukan lewat operasi pengangkatan dan radiasi. Namun kemungkinan kambuh mencapai 20%-30%.

b. Carcinoma

Kanker jenis ini biasanya ditemukan di daerah  telinga, wajah, bibir, dan mulut. Bentuknya seperti bisul atau radang kemerahan yang tak kunjung hilang. Di rongga mulut lebih sering dtemukan pada perokok atau pengisap ganja. Carcinoma merupakan jenis kanker kulit kedua yang sering ditemukan. Kanker ini lebih cepat meyebar dibanding sel basal, terutama jika terletak disekitar mulut. Penyembuhan melalui operasi dengan tingkat kesembuhan 90 %.

c. Melanoma

Ini merupakan jenis kanker kulit yang paling ganas dan berpotensi mematikan. Di Amerika, didapatkan data 6 dari 7 penderita kanker ini meninggal dunia. Dan jumlah orang yang terserang meningkat dari tahun ke tahun. Melanoma bisa berkembang dari tahi lalat timbul yang sudah ada atau yang baru muncul. Jika berkembang jadi melanoma, tahi lalat akan berubah warna, ukuran maupun bentuknya. Terkadang terasa gatal dan saat digaruk mengeluarkan darah. Sel kanker ini tumbuh dari melanosit, yaitu sel kulit yang berfunsi menghasilkan zat warna melanin. Ciri-ciri dari kanker melanoma :

  • Bentuk bercak tidak simetris, kiri dan kanan tidak sama
  • Ujung dari bercak terpotong
  • Warna dari bercak tidak sama, mungkin ada bayangan coklat atau hitam dan kadang-kadang ada bintik merah, biru atau putih
  • Lebar bercak lebih dari seperempat inci (walaupun pada saat ini dokter sudah menemukan melanoma dengan ukuran lebh kecil)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: